Kamis, 05 Maret 2015

FenometrikKeren - Gaya Hidup Muslim Modern Di Kampus UIN SGD BANDUNG

0 komentar
Behijab adalah salah satu perintah  Allah yang wajib dilakukan oleh kaum perempuan untuk menutupi rambutnya yang disisi lain itu adalah auratnya sendiri. Bagaimana tidak, tentang berhijab ini banyak disebutkan dalam al-qur’an dan firman Allah yang itu berarti memang salah satu syarat yang wajib.

Jika masuk dalam kampus yang dulunya disingkat IAIN atau sekarang dirubah menjadi UIN ini semua mahasiswi wajib dikenakan hijab. Bedanya kalau dimasa IAIN mahasiswi disana banyak yang menggunakan hijab-hijab syar’i yang menutupi dari ujung rambutnya hingga telapak tangan. Mungkin sebab itu orang-orang jadi malas menggunakan hijab. Karna dalam pikirannya pake hijab itu panas, ribet, dan kelihatan tidak indah atau menarik.

Tapi pada masa sekarang kampus IAIN atau UIN ini banyak sekali mahasiswi yang mengkreasikan hijabnya agar bagaimana caranya tetap menutupi aurat tapi bisa bergaya, modis, dan tetap gaul sehingga orang-orang tidak takut untuk berhijab. Bahkan sudah tidak asing lagi sekarang banyak model-model hijab yang berasal dari kampus UIN yang bisa diikuti model hijabnya..

Mungkin dengan seiringnya waktu UIN sekarang berbeda dengan UIN yang terdahulu. Dahulu banyak mahasiswi yang menggunakan hijab-hijab syar’i yang menutupi hampir seluruh bagian tubuhnya. Tapi sekarang banyak sekali mahasiswi-mahasiswi yang mengkreasikan hijabnya agar terlihat lebih modis. Kehadiran tren ini juga merupakan jawaban terhadap kebutuhan para perempuan berhijab yang menginginkan tampil tertutup namun tetap modis.

Meski pilihan hijab kini semakin variasi di kalangan mahasiswi UIN, fenomena hijab modern yang silih berganti bukan tanpa pro dan kontra. Beberapa varian berhijab tidak jarang mendapat komentar negatif dari para pengkritisi yang menanyakan nilai-nilai islami di baliknya.namun alangkah baiknya jika variasi tren yang ada di kampus UIN ini dianggap sebagai refleksi kekayaan budaya muslim yang beranekaragam, daripada disengketakan dan menjadi isu untuk mencibir sesama muslim.
MAYA RAHMAWATI


Leave a Reply

 
fenometrik © 2014 | Designed By Blogger Templates